Anggaran Rp2 Miliar Lebih, Bangunan SD Negeri 323 Maluku Tengah di Desa ...


Anggaran pembangunan dan rehabilitasi sebesar lebih dari Rp2 miliar yang digelontorkan untuk SD Negeri 323 Maluku Tengah di Desa Samasuru, ternyata tidak memberikan hasil maksimal. Sejumlah bangunan baru maupun ruang kelas yang direhabilitasi justru tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya oleh pihak sekolah.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Kepala Sekolah SD Negeri 323, Juliana Rumailay, saat diwawancarai tim DMS Media Group pada Jumat, 1 Agustus 2025. Ia menyampaikan bahwa pembangunan yang dilaksanakan pada tahun 2023 tersebut tidak sesuai dengan rencana awal yang diketahuinya.

Ia menjelaskan, sesuai anggaran yang dialokasikan,  seharusnya digunakan untuk membangun ruang komputer, perpustakaan, rumah dinas guru, ruang guru (kantor), UKS, dan WC. Selain itu, juga untuk merehab tujuh ruang kelas. Namun kenyataannya, bangunan rumah dinas guru dan WC tidak dibangun sama sekali.

Lebih lanjut, ia membeberkan bahwa dari empat bangunan baru yang jadi, kondisinya pun sangat memprihatinkan. Dimana, bangunan tidak memiliki tegel, tidak dicat, pintu dan jendelanya rapuh karena tidak memakai kayu berkualitas. Bahkan atap bangunan rusak karena seng yang digunakan mudah terlepas saat diterpa angin, menyebabkan kebocoran saat hujan.

Selain itu, dari tujuh ruang kelas yang seharusnya direhabilitasi, dua di antaranya tidak dikerjakan dengan baik. Akibatnya, pihak sekolah terpaksa menutup jendela ruang kelas tersebut dengan seng demi menghindari pencurian.

Dengan kondisi ini, pihak sekolah berharap ada perhatian serius dari pemerintah daerah dan instansi terkait agar penggunaan anggaran negara benar-benar tepat sasaran dan bermanfaat bagi dunia pendidikan, terutama di wilayah terpencil seperti Desa Samasuru.

Pemerintah kabupaten Maluku Tengah, daerah lewat dinas Pendidikan harus melakukan Langkah tegas dengan memintah pihak kontraktor yang menangani proyek tersebut untuk dimintai tanggungjawab dalam menyelesaikan Pembangunan sekolah yang dikerjakan.*ct*

Post a Comment

0 Comments